Cara Mendapatkan Uang Dari Blogger Gratis Tanpa Modal

Cara mendapatkan uang dari Blogger gratisan tanpa perlu modal domain dan hosting | Ada beberapa pendapat yang berbeda-beda tentang apakah sebaiknya blog itu dibuat untuk mendapatkan penghasilan, atau murni digunakan sebagai media untuk berbagi informasi.

Pada awal perkembangannya dahulu, blog dibuat sebagai platform alternatif dari website.

Situs atau website dianggap terlalu rumit dan statis saking sifatnya yang relatif lebih sulit diubah-ubah. Situs web dianggap kurang nyaman digunakan kita-kita yang secara teknis tidak punya kemampuan dasar pengelolaannya.

Sementara blog atau weblog, dirancang dengan memikirkan kemudahan pakai dan kemudahan melakukan update. Yang dimaksud dengan update di sini adalah penambahan konten dan juga pengaturan tata letak serta layout dari blog itu sendiri.

Pada perkembangannya, blog menjadi sebuah platform dengan jumlah pengguna yang besar. Dan tentu, karena penggunanya besar, maka kemungkinan untuk memanfaatkannya menjadi media untuk mendapatkan penghasilan juga jadi besar.

Ok, kita asumsikan saat ini anda sudah memiliki sebuah atau beberapa blog.

Dan blog anda sudah mulai mendapatkan pengunjung dengan jumlah yang lumayan. Tentu anda akan mulai berpikir tentang bagaimana cara mendapatkan uang dari blog anda tadi.

Coba kita lihat apa saja kemungkinannya.

Cara Mendapatkan Uang dari Blogger

Platform blog gratisan yang mudah digunakan untuk mendapatkan uang

Ada banyak sekali platform blog yang bisa gratis kita gunakan untuk mulai membuat blog. Dua yang paling besar diantara mereka adalah wordpress.com dan blogger.com.

Indra Sari lebih memilih platform blogger.com dengan beberapa alasan.

Pertama, blogger dimiliki Google.

Sehingga tidak heran kalau ada fitur untuk ikutan Adsense sebagai cara mendapatkan uang dari blogger ini dengan lebih mudah.

Sementara wordpress.com tidak membolehkan kita memasang iklan pihak ketiga. Kalau mau ada iklan, itu harus dengan persetujuan dari wordpress dan ada syarat-syarat yang tidak mudah dipenuhi.

Kedua, blogger mengijinkan pengguna untuk memasang script iklan di dalam postingan dengan mudah.

Jadi sekiranya tidak atau belum ikutan Adsense, kita masih bisa memasang script iklan pihak lain di dalam posting.

Ketiga, pengguna boleh mengedit template sampai dalam.

Tidak merasa pas dengan template bawaan blogger? Tidak masalah, kita diberi keleluasaan untuk mengedit template atau menggantina dan menggunakan template dari pihak lain yang sekiranya lebih cocok digunakan.

Kalau di wordpress.com kita hanya boleh menggunakan theme yang disediakan dalam repository-nya saja. Tidak boleh mengedit theme sampai sedalam seperti yang bisa kita lakukan pada template blogger.

Keempat, akun blogger terintegrasi penuh dengan akun Google kita.

Jadi enak, semua layanan gratis dari Google sudah pasti akan kita terima. Tidak perlu membuat akun baru, kecuali anda maunya begitu, untuk membuka akun di blogger.com.

Jadi, sebenarnya, jika anda mempunyai akun email punya Google yang dinama gmail.com itu, maka secara otomatis akun blogger anda sudah siap. Tinggal melakukan konfirmasi layanan saja.

Dan ketika sudah jadi, semua layanan tadi bisa diatur cukup dengan satu akun, pun bila anda membuat lebih dari satu blog dengan akun blogger yang sama.

Kelima, relatif lebih mudah mendapatkan pengunjung dari Google.

Sebenarnya ini tergantung juga dengan kualitas konten dan seberapa sering kita update isi blog.

Menjadi lebih mudah, karena Google memfasilitasi blog pada blogger.com dengan semua tool penunjang yang disediakan gratis oleh pihak Google.

Sebut saja Google Search Console dan Google Analytic. Semuanya sudah siap sedia kita gunakan dengan gratis. Banyak blogger yang dengan sengaja mengenyampingkan keberadaan tool untuk blog dari search engine lain macam Bing Webmaster.

Dengan kata lain, cukup dengan bersandar pada tool untuk blog dari Google saja, sudah cukup. Search engine lain bisa dianggap tidak ada. Toh, pengguna mereka tidak sebanyak Google.

Itulah alasan mengapa Indra Sari sampai saat ini masih menggunakan blogger. Pernah juga mencoba menggunakan wordpress.com yang juga gratis. Tapi selalu merasa mentok dengan batasan-batasan yang diberikan.

Kedepannya, Indra Sari ingin juga menggunakan custom domain pada blog ini, sehingga url-nya bisa terbaca menjadi indrasari.com begitu. Keren juga sepertinya. Tapi untuk saat ini, admin masih akan fokus untuk menambah konten berkualitas buat para pembaca terlebih dahulu.

Ok, sekarang kita mulai dengan kemungkinan apa saja yang bisa kita pilih untuk mendapatkan uang dari blogger gratisan dari Google ini.

Cara Mendapatkan Uang Dari Blogger Gratisan Tanpa Modal

Memasang iklan pihak ketiga

Bisa dibilang ini adalah cara mendapatkan uang dari blogger yang paling mudah dengan penghasilan yang bisa tidak terbatas.

Iklan dari pihak lain, pada umumnya berbasis CPC, CPM, atau CPA. Model yang lain biasanya hanyalah turunan dari ketiga bentuk iklan tadi.

Iklan berbasis CPC itu akan membayar kita berdasarkan klik pengunjung yang terjadi pada link atau banner iklan. Tidak peduli apakah pengunjung tersebut pada akhirnya membeli atau menggunakan produk yang diiklankan.

Soal nilai atau uang yang bisa kita peroleh dari setiap klik, itu sangat beragam. Ada banyak sekali faktor yang memengaruhinya.

Iklan CPM adalah iklan yang akan membayar kita pada setiap seribu kali iklan muncul dan dilihat pengunjung. Tidak perlu ada klik pada banner iklan. Cukup muncul saja.

Pada umumnya, iklan CPM juga digabungkan dengan iklan CPC. Jadi publisher akan mendapat komisi dari setiap klik sekaligus dari jumlah tayang iklan tersebut.

Iklan CPA adalah iklan yang baru akan membayar setelah pengunjung yang melakukan klik pada iklan yang kita pasang melakukan apa yang diminta iklan, semisal mendaftar layanan atau membeli produk.

Jadi agak relatif lebih sulit kita dapatkan komisinya. Tetapi dibanding yang dua sebelumnya, iklan berbasis CPA ini bayarannya yang paling tinggi.

Iklan pihak ketiga ini bisa berwujud link, banner, popup atau popunder.

Iklan berupa link biasanya ditautkan pada kata, frase, atau lebih dikenal sebagai keyword tertentu yang berada di dalam posting. Ada juga yang memasang link di sidebar. Cara itu pernah sangat populer. Sekarang tampaknya mulai ditinggalkan.

Kalau iklan banner adalah link iklan yang disematkan pada gambar. Sehingga jika gambar tersebut di klik, pengunjung akan dibukakan alamat internet pengiklan.

Iklan banner bisa saja dipasang di dalam posting, dibagian header, sidebar atau footer.

Saat ini, iklan banner tidak hanya berupa foto statis, tetapi bisa juga berupa video.

Selain beberapa bentuk iklan pihak ketiga di atas, saat ini mulai marak digunakan iklan berbentuk native ads.

Iklan ini pada dasarnya adalah iklan banner yang dibuat mirip seperti related post yang biasa dipasang di setiap akhir posting. Karena bersifat memberi pilihan bacaan lanjutan pada pengunjung, maka tingkat keterklikan –atau CTRnya lumayan besar.

baca juga: Cara Menawarkan Produk Supaya Pelanggan Mau Beli

Menjual slot iklan mandiri di blog

Menjual slot iklan mandiri bisa anda lakukan sebagai alternatif iklan pihak ketiga.

Penghasilan dari iklan pihak ketiga itu harus dibagi antara anda yang punya slot iklan dan pihak ketiga yang bertindak sebagai penghubung antara anda dan pemasang iklan. Adsense misalnya, menjanjikan anda sampai 68% pembagian untuk anda.

Bagaimana kalau anda jual sendiri slot iklan yang anda punya langsung kepada pengiklan sehingga penghasilan anda dari slot tersebut bisa 100%?

Tentu ini sama sekali bukan ide buruk.

Anda bisa memulainya dengan memasang banner yang berisi pengumuman bahwa anda punya slot iklan murah pada blog anda. Anda bisa menyediakan slot iklan di sidebar, footer atau di dalam posting. Terserah anda.

Soal harga slot iklan anda, buatlah berbeda-beda setiap slot. Pelajari lebih pada tempat mana yang harganya bisa lebih mahal, dan mana yang sebaiknya diberikan dengan harga murah.

Ikut affiliasi produk

Kita juga bisa mendapatkan uang dari blogger dengan menjadi afiliasi produk orang lain.

Yang perlu kita lakukan adalah memasang link afiliasi di blog kita.

Yang paling efektif adalah memasang link afiliasi pada posting yang merupakan review dari produk tertentu.

Pengunjung yang membaca review produk yang anda buat akan lebih mungkin untuk membeli melalui link afiliasi anda daripada jika mereka hanya melihat link atau banner di sidebar anda. Perbedaannya bisa besar sekali.

Ada banyak perusahaan online shop yang menawarkan fitur afiliasi seperti ini. Yang saya tahu adalah Bhinneka.com, lazada.co.id, blibli.com. jd.id juga kabarnya punya fitur beginian, tapi sampai terakhir saya mencobanya, belum ada layanan untuk membuat link produk baru. Sepertinya memang belum siap.

Menjual produk sendiri

Dari tadi kita membicarakan mengenai menjual atau memfasilitasi penjualan produk orang lain. Mengapa kita tidak menjual produk kita sendiri?

Ini memang tidak untuk semua orang. Menjual itu tidak mudah. Itu sebabnya tidak semua menjadi pedagang. Kalau anda bisa menjual, berarti anda istimewa, hehe….

Produk apa yang bisa dijual melalui blog?

Bisa jadi itulah pertanyaan pertama anda membawa sub judul menjual produk sendiri melalui blog ini.

Pada dasarnya semua bisa dijual melalui blog. Karena blog adalah media yang membuat produk kita bisa ditemukan sebanyak mungkin orang.

Banyak blog pada paltform blogger yang dirancang sebagai website resmi online shop. Blogger memang bisa ditambahkan kemampuan seperti itu. Jadi ada katalog produk sekaligus kemudahan menghitung ongkos kirim dan pembayaran sekaligus.

Tentukan saja produk yang akan anda jual melalui blog, lalu buatkan banner-nya dan pasang di sidebar.

Sama seperti memasarkan produk afiliasi di atas, akan lebih efektif jika anda membuat posting tersendiri untuk produk anda itu.

Selain deskripsi produk yang jelas dan keunggulannya, jangan lupa menyertakan metode pemesanan, pembayaran dan pengiriman yang jelas.

Jangan sampai orang sudah tertarik dengan produk anda malah tidak jadi membeli hanya karena kesulitan menghubungi atau kesulitan membayar.

baca juga: Tips Promosi Produk Yang Murah dan Efektif Supaya Cepat Terjual

Mereview produk orang lain

Selain melakukan penjualan, banyak perusahaan yang masih pada tahap pengenalan produk. Sehingga mereka membutuhkan review atau ulasan positif dari produk mereka.

Sebagai blogger, anda juga bisa mendapatkan uang dari membuat review produk ini.

Biasanya, perusahaan yang butuh review produk ini akan menghubungi admin dari blog-blog tertentu yang menurut mereka layak memuat review produk mereka.

Memang tidak mudah. Anda harus membangun reputasi blog yang bagus dengan konsisten menulis posting berkualitas di blog anda.

Yang pertama dipertimbangkan memang traffic atau kunjungan yang diterima blog anda setiap harinya. Namun itu saja tidak cukup.

Salah satu blog yang bisa anda jadikan rujukan adalah http://www.elinivana.com/

Blog ini dibangun diatas platform blogger, custom domain, dan konten yang sebenarnya biasa saja. Tetapi karena ditulis dengan penuh passion oleh admin-nya, jadilah setiap posting di sana mempunyai nilai lebih di depan pembacanya.

Dan jangan heran kalau hampir semua produk yang di review di sana adalah produk endorse atau kalau tidak, ada imbalan yang lebih dari cukup untuk membayar cicilan rumah.

Darimana saya tahu? Karena memang saya tahu, hehe….

Benarkah semua itu tanpa modal?

Benarkah semua cara mendapatkan uang dari blogger yang saya ulas di atas itu tanpa modal?

Bisa ya bisa tidak.

Bisa dibilang tanpa modal karena anda tidak perlu membeli domain dan hosting yang biasanya disebut sebagai modal utama membangun blog yang berkualitas.

Memang betul dengan membangun blog menggunakan domain dan hosting sendiri pada platform wordpress berbayar, akan membuat blog anda jauh lebih baik dan mudah di atur-atur. Tapi itu jadi tidak gratis.

Blog pada blogger.com bisa saja menjadi blog yang besar dengan jumlah pengunjung ribuan berkat konten berkualitas dan optimasi yang benar.

Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan anda mendapatkan penghasilan dari blogger tanpa batas. Ditambah dengan kemudahan memasang iklan atau menjual produk sendiri di sana.

Bisa juga dibilang gratis ketika anda menulis sendiri semua konten yang anda tuliskan tanpa perlu menyewa penulis lain atau membeli tulisan dari layana content writer.

Menjadi tidak gratis ketika anda menghitung juga:

  • waktu yang dibutuhkan untuk menulis posting
  • kuota internet yang dipakai untuk upload posting
  • laptop yang anda pakai mengetik posting
  • kamera atau smartphone yang digunakan untuk mendapatkan gambar bagus untuk posting dan produk yang ditawarkan
  • pengetahuan yang anda sharingkan seharusnya dibayar.

Dari semuanya itu, waktu yang digunakan untuk menulis dan mengelola blog adalah faktor yang paling mahal. Karena dia tidak akan kembali.

baca juga: Kerja Online Menjadi Blogger, Benarkah Bisa Menghasilkan?

Jadi, jika anda memutuskan untuk serius mendapatkan uang dari blogger, pastikan bahwa setiap posting anda buat dengan sebaik-baiknya sehingga pada gilirannya, dia akan mengembalikan waktu anda dengan seimbang.

Mungkin tidak dalam bentuk uang, tapi kepuasan karena ternyata tulisan anda membantu banyak orang menyelesaikan masalah dan merasa terinspirasi.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mendapatkan Uang Dari Blogger Gratis Tanpa Modal"

Post a Comment