Bisnis Kecil Sukses? Ini Syarat Yang Harus Anda Penuhi

Bisnis kecil sukses dan berhasil menjadi bisnis yang besar adalah impian semua wiraswastawan. Memulai bisnis kecil-kecilan yang tempatnya tidak lebih besar dari teras atau garasi rumah anda itu bukan sesuatu yang harus ditakutkan. Hampir semua bisnis besar dimulai dari bisnis kecil kecilan yang modal awalnya tidak lebih besar dari apa yang sudah ada. Dengan yang dimiliki, ditambah dengan tekad dan niat yang kuat, dikelola dengan pemikiran yang jelas, dan juga semangat pantang menyerah, semua bisnis kecil bisa sukses.

Jika anda melihat Steve Jobs, Bill Gates, atau Mark Zuckenberg, mereka semua mengawali bisnis kecil mereka di garasi rumah. Pada masa awal usaha mereka, bayangan akan menjadi perusahaan dengan nilai milyaran dollar itu tidak ada. Mereka hanya ingin lebih besar – dan – lebih besar lagi. Kalau mau mencari, ada sangat banyak contoh usahawan muda dan sangat berhasil dengan bisnis kecil rumahan yang berkembang menjadi sangat besar.

Yang perlu kita sadari, adalah kita melihat mereka, ketika orang-orang tadi sudah dalam posisi berhasil, sudah memiliki perusahaan super besar dengan karyawan ribuan orang dan omzet penjualan yang lebih besar dari APBN beberapa negara kecil di dunia. Jika misalnya kita berada dalam lingkungan mereka ketika masa awal usaha mereka dirintis, yang mungkin terjadi, bisa saja kita menganggap mereka orang gila yang ketinggian mimpi.

Bagi kita yang sedang ingin, berencana, atau sedang membangun bisnis kecil-kecilan yang ingin sukses, keberhasilan orang lain adalah inspirasi bisnis terbaik kita. Kegagalan orang lain adalah pelajaran berharga yang kalau bisa kita tidak perlu mengalaminya. Keberhasilan kita adalah penyemangat untuk menjadi lebih besar. Kegagalan kita sendiri adalah alat introspeksi untuk menjadi jauh lebih baik.

Ok, anda dan saya tahu, itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. hNah, berikut ini ada 10 hal yang bisa kita jadikan panduan supaya bisnis kecil bisa sukses dan besar, Sebesar yang anda mau. disadur dari: http://www.readersdigest.co.id/

Bisnis Kecil Sukses - Ini Syaratnya

Bisnis Kecil Sukses? Ini Syaratnya

Paksa diri sampai batas maksimal. Ini yang akan anda korbankan: waktu untuk bersenang-senang, waktu untuk liburan, waktu untuk keluarga, waktu untuk menikmati acara tv atau konser band pujaan anda, waktu untuk mencari pasangan buat yang jomblo, dan waktu-waktu yang lain. Semua waktu anda adalah untuk bisnis kecil sukses anda itu. Jika anda tidak bersedia kehilangan atau paling tidak hanya bisa menyisihkan sangat sedikit waktu untuk lain-lain, maka sebaiknya tetaplah bertahan menjadi karyawan saja. Wiraswasta bukan untuk anda.

Realistis. Supaya bisnis kecil anda bisa sukses, tentu anda harus memilih model bisnis kecil yang ada pasarnya. Bisnis itu bukan berkarya untuk dikenang orang sampai ribuan tahun. Carilah contoh bisnis kecil sukses di sekeliling anda, pelajari, lalu putuskan mau yang mana. Jika ternyata anda tidak menemukannya, kemungkinannya anda terlalu pintar atau model bisnis anda hanya bisa berhasil di dunia utopis anda.

Carilah partner. Bisnis itu perjalanan yang anda harapkan akan berjalan panjang dan sangat beresiko. Maka sebaiknya jangan hanya menginvestasikan uang anda sendiri. Carilah partner. Jadi misalnya yang terjadi ternyata perjalanan bisnis anda itu hanya pendek karena tidak sesuai dengan rencana, anda tidak perlu bangkrut dan tidak perlu juga dikejar-kejar hutang.

Hargai waktu. Waktu yang anda gunakan untuk mengurusi bisnis kecil anda haruslah dibayar. Atau paling tidak hitunglah dengan hitungan uang. Misalnya nih, Rp. 20 ribu per jam. Jadi misalnya, ada pesanan yang perlu diantar. Anda perlu waktu dua jam untuk mengantar barang tersebut. Jika anda menggunakan jasa orang lain, ongkos kirimnya Rp. 10 ribu, maka lebih murah jika anda tidak mengirimkannya sendiri tetapi memakai jasa ekspedisi saja. Yang jelas, waktu dua jam yang seharusnya dipakai untuk mengantar barang tadi juga musti digunakan dengan produktif. Kalau dipakai tidur, ya mending anda antar sendiri saja. Hehe….

Pilih karyawan dengan baik. Pada gilirannya nanti, anda akan perlu merekrut karyawan. Proses rekrutmen karyawan tidak bisa sembarangan. Bisa saja mengikutsertakan saudara atau teman – asal anda tahu resikonya. Pilih dengan hati-hati, tidak perlu buru-buru.

Jual kelebihan, bukan harga. Produk sudah ada dan siap dijual. Tapi menentukan harga jual itu ternyata lebih sulit daripada membuat produk itu sendiri. Wajar saja, jika kebanyakan pengusaha mula fustasi ketika awal-awal memasarkan produk. Tipsnya adalah, jangan bersaing pada harga yang sampai-sampai membuat anda memasang harga dengan margin keuntungan terlalu tipis atau bahkan dibawal modal.

Kemampuan anda berkomunikasi dan memilih segmen pasar menjadi kuncinya di sini. Intinya, jelaskan mengapa harga produk anda lebih tinggi karena kualitas dan layanan yang lebih baik.

Ketahui angka dasar usaha. Sebelum memulai bisnis kecil sukses anda, ketahuilah berapa yang anda butuhkan untuk menjalankan usaha anda – mulai dari sewa ruko, listrik, asuransi, telepon, harga tinta printer, kertas, maintenance, dan jangan lupa pajak dalam sebulan. Kalau sudah ketemu, bagilah dengan jumlah hari sebulan. Katakanlah 30 hari. Anda akan mendapat angka dasar, atau jumlah minimum pendapatan bisnis kecil anda dalam sehari. Pernah terpikir sebelumnya? Pikir lagi deh….

Manfaatkan teknologi. Ada banyak teknologi yang bisa anda gunakan untuk menekan biaya dan membuat bisnis kecil-kecilan anda semakin efisien. Baik dari sisi waktu, biaya, dan tempat. Contohnya, untuk awal anda bahkan tidak perlu website, anda cuman butuh akun Facebook yang dikelola dengan baik. Tentu Twitter dan Instagram juga bisa sangat membantu. Anda bisa menggunakan BBM atau Whatsapp untuk berkomunikasi daripada melakukan panggilan telepon yang mahal. Nantinya, anda bisa membuat website perusahaan anda. Biaya yang diperlukan bisa dibawah satu juta rupiah.

Perlakukan vendor dan supplier dengan baik. Vendor dan Supplier itu sama pentingnya dengan pelanggan. Jika hubungan baik sudah terjalin, bukan tidak mungkin mereka akan memberi anda potongan harga karena volume pemesanan yang besar. Biasanya, mereka juga bisa memahami jika suatu saat anda harus terlambat membayar. Yang paling sering adalah mereka menggratiskan ongkos kirim. Sangat lumayan bukan?

Jadilah yang terbaik. Bisa saja ada orang lain punya produk yang sama dengan yang anda jual. Tapi jika anda berhasil menjadi penjual terbaik bagi mereka, dengan produk dan layanan terbaik, tidak terlalu sulit untuk mendapatkan pelanggan yang loyal sekaligus mendapatkan pelanggan baru. Jangan setengah-setengah untuk pelanggan.

Demikian tips membuat bisnis kecil sukses. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi kita semua yang sedang membangun bisnis kecil mulai dari rumah kita sendiri. Semangat!!!!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bisnis Kecil Sukses? Ini Syarat Yang Harus Anda Penuhi"

Post a Comment