Cara Efektif dan Aman Mengusir Nyamuk Dengan Sereh

Cara efektif dan aman mengusir nyamuk dengan batang Sereh | Saya yakin, anda sebenarnya setengah ragu-ragu ketika mengusir nyamuk di rumah dengan memakai obat nyamuk. Bukan ragu dengan keampuhan obat nyamuk buatan itu, tetapi ragu dengan keamanannya bagi kesehatan anda dan anggota keluarga yang lain, utamanya anak-anak.

Demikian juga halnya dengan saya. Semakin gencar obat nyamuk merk tertentu beriklan, maka semakin ragu pulalah saya dengan keamanannya. Dan faktanya memang, semua obat nyamuk itu menggunakan bahan kimia tertentu sebagai bahan utama pembasmi nyamuk.

Dan kita sebagai konsumen tidak pernah akan benar-benar paham akan tingkat keamanan bahan-bahan kimia tersebut. Asal bisa membunuh nyamuk dan membuat kita tidur nyenyak tanpa terganggu suara ngang-ngung di kuping sudah cukuplah. Terlebih kalau itu murah.

Terlepas dari apapun merk obat nyamuk-nya, tetap saja mereka menggunakan bahan kimia yang mematikan nyamuk dan seringkali tidak memberi informasi yang cukup –atau bahkan sering juga – menutupi fakta akan bahaya penggunaannya bagi tubuh kita. Saya pribadi merasa ngeri.

Sekarang bahkan mulai banyak obat nyamuk yang kalau digunakan bisa mengeluarkan bau yang harum. Bau harum ini memang enak di hidung. Tapi kita tidak pernah benar-benar tahu aman tidaknya untuk paru-paru dan bagian tubuh kita yang lain. Demikian juga dengan obat nyamuk oles.

Daripada kita malah ketakutan sendiri, ada baiknya kalau mulai berpaling pada bahan-bahan alami di sekitar kita yang jelas lebih aman buat kesehatan dan juga efektif mengusir nyamuk.

Salah satu bahan alami pengusir nyamuk adalah sereh.

Irisan Batang Sereh

Biasanya sereh digunakan sebagai bumbu dapur. Lalu bagaimana cara menggunakan sereh untuk mengusir nyamuk dengan efektif dan aman?

Cara efektif dan aman mengusir nyamuk dengan batang Sereh

  1. Mudah kog cara menggunakannya. Seperti ini:
    Ambillah beberapa batang sereh. Bersihkan kulit luarnya.
    Iris tipis-tipis batang sereh tadi
    Tempatkan irisan batang sereh tadi dalam wadah yang terbuka. Semisal piring atau saucer. Terserah, yang penting tidak ditutupi saja.
    Letakkan wadah berisi irisan batang sereh tadi di bawah ranjang atau tempat yang memang banyak nyamuknya. Kalau saya sih biasanya di dekat pintu jauh dari jendela.
    Sudah. Gitu saja.

Batang sereh ini tahan lama loh. Anda bisa menggantinya kapan saja. Asal tahu, semakin kering irisan batang sereh-nya biasanya semakin kuat baunya. Jadi sebaiknya di tambahi saja, tidak perlu diganti. Kecuali irisan tadi berjamur karena berada di tempat yang lembab. Selama dia cukup kering, ya aman-aman saja.

Selain itu, anda juga bisa menambahkan minyak Sereh pada air untuk mengepel lantai. Atau disemprotkan di sudut-sudut yang banyak nyamuknya. Minyak Sereh bisa dibeli di apotik.

Buat yang ragu, silahkan dicoba dulu, Mungkin ada yang merasa ini kurang efektif. Tapi yang jelas aman. Buat yang sudah mencoba dan membuktikannya, jangan lupa like dan share-nya ya….

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Efektif dan Aman Mengusir Nyamuk Dengan Sereh"

Post a Comment