Tips Menjadi Pengusaha Sukses

Tips menjadi pengusaha sukses – Perjalanan dari memulai sebuah usaha sampai benar-benar menjadi pengusaha sukses rata-rata tidaklah mulus. Ada sih beberapa orang yang diberkahi keberuntungan tiada henti, sehingga tampaknya dia begitu mudah menjadi pengusaha yang sukses.

Masalahnya, bagi kita yang baru memulai usaha, enggan melihat berapa banyak usaha yang sudah dilakukan para pengusaha sukses yang kita idolakan itu. Kita tahunya ketika mereka sudah sukses. Tidak jarang, orang yang memutuskan untuk memulai usaha sendiri justru tidak mendapat dukungan. Tampaknya, orang lebih mudah menghargai mereka yang berstatus sebagai karyawan perusahaan meski gaji mereka kecil, daripada mereka yang bersusah payah membangun bisnis.

Semua bisa berdoa dan berharap akan dimudahkan jalannya supaya bisa menjadi pengusaha yang sukses. Anda juga begitu kan?

Tetapi, kita juga harus siap, seandainya nanti di perjalanan membangun perusahaan anda itu menemui hambatan, rintangan, atau bahkan kegagalan dan harus memulai lagi dari awal. Banyak pengusaha sukses yang mengalami hal seperti itu. Bahkan bisa dibilang, semua orang sukses pernah dan mungkin masih akan menghadapi hal buruk dalam usaha mereka.

Karena itu, ada baiknya kita cermati beberapa tips menjadi pengusaha yang sukses berikut ini….
Tips Menjadi Pengusaha Sukses

Tips Menjadi Pengusaha Sukses

1. Bisa bersyukur dan tahu berterima kasih

Sejak awal – dan seharusnya sampai kapanpun – bersyukur atas nikmat dan rejeki yang diterima, seberapapun itu akan membuat anda berada dalam kondisi positif. Energi positif itu akan mempengaruhi orang-orang disekitar anda – keluarga, karyawan, dan pelanggan anda. Orang lebih mudah dan senang berkomunikasi dengan mereka yang punya energi dan aura positif.

Kemampuan anda berterima kasih juga akan membuat bisnis anda berjalan lebih mulus. Jika ada karyawan yang bekerja lebih dari yang seharusnya, berikan sedikit hadiah dan ucapan terima kasih yang tulus. Itu akan membuat dia semakin loyal.

Jangan ragu untuk menghubungi pelanggan dan menanyakan jika produk anda yang mereka gunakan masih berfungsi dengan baik atau jika mereka kesulitan menggunakannya. Dengan mudah anda akan menjadi penjual terbaik yang mereka punya. Dan itu artinya mereka akan sulit berpaling pada penjual lain dan tidak akan ragu merekomendasikan produk anda pada orang lain.

Jika ada supplier yang memberi anda pelayanan yang lebih dari seharusnya, atau karena anda telah menjalin kerja sama dengan baik selama rentang waktu tertentu, beri mereka ucapan terima kasih. Bisa melalui ucapan langsung, telepon singkat, atau email. Jika anda tahu tanggal ulang tahun mereka, jangan ragu untuk memberi ucapan selamat. Tapi usahakan tidak hanya melalui Facebook. Orang mudah lupa yang seperti itu.

2. Jangan berhenti melakukan inovasi

Produk anda mungkin adalah yang terbaik, untuk saat ini. Atau cara anda mengelola keuangan perusahaan adalah yang paling efisien, saat ini. Bisa jadi cara anda berpromosi mengenalkan produk perusahaan adalah yang paling berhasil, saat ini.

Tidak perlu waktu lama produk anda akan segera ketinggalan, begitu kompetitor merilis produk baru yang sebenarnya hanya perbaikan atau versi lain dari produk anda. Juga tidak lama ketika karyawan anda ingin curang dan memanipulasi keuangan perusahaan. Juga selalu muncul cara-cara baru yang sebelumnya tidak terpikir untuk memasarkan produk.

Jadi jangan berhenti dan puas dengan apa yang sudah dan sedang terjadi dengan perusahaan anda. Teruslah lakukan percobaan dan temukan produk, metode, atau media apapun yang bisa bekerja lebih baik sesuai dengan tuntutan pasar. Jika anda bisa menjadi yang pertama sehingga pasar lebih ingat pada produk anda, mengapa harus mengekor dan menjadi yang kedua?

3. Jaga reputasi bisnis anda

Relasi. Anda yakin betapa pentingnya kata yang satu ini. Bisnis itu berbasis pada relasi. Anda dengan karyawan, perusahaan dengan konsumen dan supplier, juga dengan kompetitor.

Jika tidak karena sesuatu yang berhubungan dengan seseorang itu membuat kepala anda mau meledak, hindari untuk membuat anda atau orang tersebut berpikir bahwa relasi yang terjalin itu buruk dan tidak layak diteruskan. Bahkan jika orang itu adalah karyawan anda yang gajinya paling rendah.

Kita tidak pernah tahu jalan kehidupan seseorang. Hanya sedikit orang yang punya kemampuan meramal masa depan dengan tingkat presisi mendekati 95%. Bisa jadi, suatu saat nanti dia akan punya pengaruh pada masa depan bisnis anda. Terlebih jika kita pernah bekerja sama.

4. Selalu temukan sedikitnya 3 hal baik yang terjadi hari itu

Untuk membuat anda senantiasa bersemangat dan punya harapan sekalipun dalam masa paling buruk, anda perlu menemukan setidaknya 3 hal bak yang terjadi di hari itu. Ini menjadi semacam evaluasi dan refleksi anda demi hari esok yang lebih positif lagi.

5. Yakinlah anda punya kemampuan 

Rasa percaya diri bisa tumbuh ketika kita memang tahu dengan dilakukan. Tahu mengapa harus dilakukan, tahu bagaimana melakukannya, dan tahu resiko dan penangannya jika ternyata ada masalah.

Rasa percaya diri perlu dikembangkan. Untuk itu, anda harus tetap mengasah kemampuan. Tambahan penampilan yang baik juga sedikit membantu.

Karena anda yakin punya kemampuan untuk melakukan sesuatu, orang lain juga akan lebih mudah memercayai anda.

Bagaimana kalau ternyata anda kurang percaya diri? Jika waktunya cukup, pelajarilah materinya, buat anda benar-benar paham mengenai hal itu. Lambat laun, percaya diri anda akan muncul. Jika waktunya sempit, hmmmm…, langkah awalnya cukup dengan berpura-pura anda bisa melakukannya. Tidak terlalu baik untuk dilakukan dalam jangka panjang. Tapi dalam situasi tertentu ini kadang harus dilakukan.

6. Dapatkan orang-orang yang mendukung anda, jika tidak, buat mereka begitu

Orang akan cenderung memberi dukungan pada orang yang mereka kenal, yang mereka yakin akan berhasil, yang mereka harapkan akan bisa membuat perubahan. Itu artinya mereka, orang-orang disekitar anda harus tahu reputasi baik dan kemampuan anda. Tidak sulit jika anda mengenal mereka sebaik atau lebih baik dari mereka mengenal anda.

Orang-orang yang benar-benar mengenal dalam relasi yang sehat cenderung saling membangun dan saling menguatkan.

7. Jangan ragu memberi anda sendiri hadiah 

Jangan diartikan anda seharusnya setiap kali harus makan di restora mahal atau menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak perlu. Hadiah di sini, lebih tidak bersifat materi. Yang paling sering anda lewatkan ketika membangun bisnis adalah tidur nyenyak.

Cobalah tidur, mulailah menabung, berolah-ragalah, atau kerjakan hobi anda. Dengan begitu, energi positif dalam diri anda akan selalu terjaga. Harapannya, ide kreatif sang pengusaha tidak akan berhenti mengalir.

8. Tidak perlu menyesali kesalahan

Semua pengusaha pasti pernah salah langkah sampai kadang menghancurkan semuanya. Yang membuat pengusaha sukses berbeda adalah bagaimana mereka mengelola kesalahan itu.

Selalu ada itu yang namanya biaya kesalahan. Yang jika ditangani dengan baik akan menjadi sumber belajar yang sangat penting bagi karir dan perusahaan anda. Kesalahan dan bagaimana anda menanganinya akan membentuk anda menjadi pribadi yang lebih matang.

Lagipula, meski anda mungkin menyangkalnya, beberapa kesalahan itu ternyata sangat konyol dan lucu yang rasanya tidak mungkin dilakukan seorang lulusan S2.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Menjadi Pengusaha Sukses"

Post a Comment