Cara Memulai Usaha Tanpa Modal: Ini Langkah Awalnya

Langkah awal memulai usaha tanpa modal – apa bisa? Bisa saja. Modal adalah alasan pertama dan utama yang paling sering dijadikan penyebab mengapa seseorang menunda atau malah tidak segera memulai usaha.

Jika anda berpikiran kalau modal – dalam hal ini uang – bersifat mutlak supaya anda bisa segera dengan percaya diri memulai usaha, maka sebenarnya anda tidak sendiri. Pada umumnya mereka yang ingin menjadi pengusaha punya pikiran yang sama.

Dan yang biasa dilakukan adalah mengumpulkan modal terlebih dahulu, bisa dengan menjual aset yang sudah dimiliki, berhutang ke teman, saudara, orang tua, atau bank. Dan sampai di titik itu, banyak juga yang sebenarnya belum punya konsep matang nantinya ingin memulai usaha di bidang apa.

baca juga: Tips Menjadi Pengusaha Sukses

Ketika kemudian uang modal itu terkumpul, godaan untuk menunda memulai usaha bisa saja muncul kembali karena khawatir akan gagal bahkan di minggu pertama.

Anda bisa saja juga percaya bahwa modal adalah hal pertama dan utama untuk mengawali usaha. Tetapi percayalah, bahwa jika sejak awal yang anda pikirkan adalah bagaimana mendapatkan uang sebagai modal, tidak lama, anda akan segera tertinggal dari para pesaing.
Cara Memulai Usaha Tanpa Modal
Karena, jika uang sebagai modal itu yang anda pikirkan pertama-tama, maka anda sebenarnya melewatkan beberapa langkah awal memulai usaha yang jauh lebih penting daripada uang. Apa sajakah itu?

Langkah Awal Memulai Usaha Tanpa Modal

1. Kenali dan Kembangkan Bakat Anda

Jika anda sudah tahu bakat anda, mengapa tidak mengembangkannya menjadi sesuatu yang besar sampai bisa dijual? Lakukankah berulang kali sampai anda menjadi ahli. Dengan begitu, anda bisa membantu orang lain yang membutuhkan keahlian anda itu. Bukan tidak mungkin mereka akan memberi anda imbalan yang layak. Dan jika mereka puas, tanpa perlu biaya promosi, mereka akan selalu merekomendasikan anda pada teman-teman dan keluarga mereka. Dari situlah bakat yang anda kembangkan bahkan tanpa modal uang itu akan mulai menghidupi anda.

baca juga: Kerja Online Menjadi Blogger, Benarkah Bisa Menghasilkan?

2. Berdiam diri akan mematikan ide anda dengan cepat

Psikolog Mihaly Csikszentihalyi menyatakan bahwa saat terbaik dalam kehidupan seseorang bukanlah saat-saat pasif atau bersantai. Kepuasan yang dirasakan setelah berhasil melakukan sesuatu yang besar ternyata bernilai lebih kecil dibanding ketika seseorang sedang dalam proses mengerjakannya.

Ketika seseorang berdiam diri, pikiran negatif cenderung lebih mudah menguasai otak. Kecemasan dan ketakutan akan kegagalan sebelum mulai usaha akan mudah datang. Jadi tipsnya adalah buat diri anda senantiasa aktif melihat apapun yang bisa dikerjakan di sekitar anda. Dengan begitu anda akan terbiasa mencari dan melihat solusi.

Ketika ada hal yang berhasil anda lakukan, anda akan bertambah percaya diri dan meningkatkan semangat positif untuk segera memulai usaha.

3. Mencoba hal yang baru 

Cobalah melakukan hal baru yang sebelumnya terpikir saja tidak. Anda tidak perlu membuat diri anda terbebani. Yakinlah bahwa anda masih punya kendali atas hidup anda sendiri. Kendalikan yang bisa anda kendalikan. Ini akan memudahkan anda untuk melakukan apapun yang anda lakukan tanpa harus memandang materi atau hasil sebagai prioritas.

Percayalah, bahwa jika anda terlalu fokus pada hasil atau materi yang anda dapatkan dari apapun yang anda lakukan, waktu 3 bulan itu terlalu lama sebelum anda berhenti dan menjadi frustasi. Jangan lupa baca juga Cara Cepat Dapat Kerja 7 Tips.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Memulai Usaha Tanpa Modal: Ini Langkah Awalnya"

Post a Comment