Kenali target pasar anda
Tidak peduli seberapa sempit atau luas pasar yang hendak anda garap, anda harus mengenali target pasar produk yang anda jual. Pertanyaan siapa yang berpotensi membeli produk anda, bisa menjebak pebisnis mula. Padahal jika kita sudah jelas dengan target pasar yang akan disasar, kita akan lebih mudah juga menentukan jenis iklan, tempat beriklan, dan cara beriklan.
Tentukan cara iklan yang paling efektif
Ada beberapa cara promosi yang umum digunakan. Diantaranya adalah:
• memasang spanduk atau baliho
• menyebar brosur
• menempel pamflet
• pasang iklan di radio dan televisi
Semua cara promosi diatas bisa membuat merinding kita yang baru mulai usaha jika kita lihat harganya.
Ada satu cara promosi lagi yang kita sering menganggap remeh, yaitu promosi dari mulut ke mulut. Memang cara promosi yang satu ini tidak memungkinkan kita untuk mendapat pelanggan dalam jumlah besar dengan singkat.
Tapi yang tidak bisa diremehkan adalah promosi dari mulut ke mulut akan menghasilkan pelanggan yang loyal. Terutama ketika anda memberi pelayanan terbaik sejak pertama kali order.
Model promosi semacam ini mengandalkan kekuatan dari pelanggan anda sendiri. Syaratnya, produk dan pelayanan anda harus bagus. Kalau ada yang kurang secepatnya mintalah maaf dan beri kompensasi sepantasnya. Sekali pelanggan senang dengan produk dan pelayanan anda, mereka tidak akan segan memberitahukannya pada teman-teman dan keluarga mereka. Dan ini efeknya sangat baik untuk pemasaran anda.
Tentukan tempat dimana anda akan pasang iklan
Ok, sekarang kita lihat dulu yang iklan cetak. Misalnya, anda membuat bisnis kos-kosan. Maka sebaiknya anda memasang iklan tadi di dekat kampus atau sekolah. Kalau anda membuat bisnis laundry, pasanglah di perumahan.
Kalau mau lebih besar lagi, carilah info untuk memasang iklan di televisi lokal dahulu. Biasanya mereka menawarkan harga yang murah untuk pasang iklan sekaligus proses pembuatan materi iklannya.
Strategi mendapatkan pembeli
Mungkin anda bertanya, mengapa perusahaan besar yang produknya sudah terkenal masih saja beriklan?
Jawabannya, karena mereka ingin memperbesar pangsa pasar. Tidak hanya cukup puas dengan pasar yang mereka miliki sekarang.
Demikian juga dengan anda. Katakanlah anda masih baru saja memulai bisnis, anda bisa memanfaatkan strategi yang sama, supaya pasar anda bisa membesar dalam waktu relatif cepat.
Memberi diskon
Semua orang, terutama perempuan, sangat sensitif dengan diskon. Ketika momennya pas, diskon sangat mudah membuat jumlah pelanggan anda bertambah. Sesuaikan saja dengan event-event khusus yang sekiranya mungkin untuk membuat diskon yang anda tawarkan menarik dan tidak terlihat mengada-ada. Misalnya pada hari-hari besar, menjelang event nasional, atau saat ulang tahun perusahaan anda. Kalau keseringan memberi diskon, juga kurang bagus. Tidak baik untuk kesehatan perusahaan anda. Dan terkadang jadi bumerang, karena pelanggan akan menganggap anda tidak fair dengan harga diskon anda.Memberi kupon bonus
Ini bentuk lain dari diskon. Bedanya, anda akan mendapat kemungkinan memperoleh pembayaran penuh ketika pelanggan membeli tanpa kupon. Dan sekalinya dia tahu, bukan tidak mungkin dia akan membeli lagi dengan diskon. Jadi ini bagus sekali. Kalau diskon itu untuk semua pembeli, sementara kupon hanya untuk yang menggunakannya. Anda bisa menggunakan variasinya, misalnya, kupon hanya diberikan pada pembeli dengan kriteria tertentu.Promosi produk online
Saat ini, kita sama sekali tidak bisa mengabaikan cara promosi produk online dengan memanfaatkan internet. Banyak yang gratis, sangat efektif, dan sangat mudah membuatnya.Membuat blog
Blog gratisan dengan blogspot atau wordpress juga bisa sangat efektif untuk memasarkan produk anda. Hampir semua pengusaha online memulai bisnis mereka dengan mengandalkan blog gratisan ini. Baru setelah mereka agak besar dan punya modal untuk beli hosting dan domain, mereka membuat yang lebih besar.Memanfaatkan media sosial
Facebook dan Twitter, ditambah lagi sekarang Instagram, telah menjadi platform jualan online yang sangat kuat. Facebook bahkan memberi fasilitas khusus bagi anda yang ingin jualan online dengan fitur jualan jika anda membuat Page.Keuntungan utamanya adalah anda tidak perlu belajar SEO, gratis, pasar yang tertarget, dan sangat mudah menggunakannya.
Kerugiannya cuman satu, mungkin teman-teman anda akan bosan ketika wall mereka penuh dengan barang dagangan anda. Itu sebabnya, disarankan anda membuat page Facebook khusus jualan sendiri, dan terpisah dari akun pribadi anda. Sekali-sekali saja promosi dengan akun pribadi. Hehe....
Memanfaatkan situs berjualan gratis
Kemungkinan berikutnya adalah dengan memanfaatkan situs jualan online. Rata-rata mereka juga gratis. Sejak dimulai dengan Kaskus beberapa tahun yang lalu, sekarang anda punya selusin lebih pilihan situs jualan online gratis.Jadi bagaimana? Tergantung dengan seberapa besar anda ingin perusahaan anda tumbuh. Soal, biaya iklan, anda bisa menekannya bahkan sampai nol. Bisa? Banget.
Belum ada tanggapan untuk "Tips Promosi Produk Yang Murah dan Efektif Supaya Cepat Terjual"
Post a Comment