Cara Mengatasi Rasa Takut Saat Berbicara di Depan Umum

Bagaimana cara mengatasi rasa takut saat berbicara di depan umum? Public Speaking adalah salah satu kemampan komunikasi yang wajib anda miliki jika berniat untuk bekerja di bidang komunikasi, khususnya komunikasi publik.
Dalam kenyataannya, kemampuan berbicara di depan umum, tidak hanya akan anda lakukan ketika memasarkan sesuatu. Dalam keadaan formal atau casual, keharusan untuk berbicara di depan banyak orang itu terkadang tidak bisa kita hindari.
Misalnya saja, ketika anda harus memimpin rapat, menjadi moderator, atau bahkan sekedar menjadi peserta kegiatan yang diikuti banyak orang, anda akan punya kesempatan untuk berbicara menyampaikan pendapat, pertanyaan, atau sanggahan di depan banyak orang.
Kalau yang lebih beresiko misalnya, ketika anda mempresentasikan produk ke pada beberapa atau bahkan banyak orang sekaligus.

Mengapa rasa takut berbicara di depan umum itu muncul?

Ada beberapa alasan yang bisa menjadi penyebabnya. Tapi kalau kita mau jujur, sebenarnya hanya ada satu alasan saja yang menjadi inti dari semua alasan yang kita buat supaya bisa dibenarkan untuk takut berbicara di depan umum. Satu saja penyebabnya, apakah itu? Karena kita tidak menguasai materi.
Cuman itu alasan sebenarnya.
Alasan yang lain, sangat mudah untuk kita abaikan. Kalau anda menguasai materi yang akan disampaikan, mau seperti apapun kondisi-nya, anda akan nyaman berbicara panjang kali lebar mengenai materi tersebut.
Ok, lalu bagaimana cara supaya tidak takut lagi?

Cara mengatasi rasa takut saat berbicara di depan umum

  1. pastikan anda menguasai materi yang akan disampaikan. Pelajari dulu materi tersebut sedalam-dalamnya. Bahkan jika anda sudah berkali-kali menyampaikannya. Dengan mereview materi, sedikit banyak anda akan menemukan fakta baru yang mungkin menarik untuk menunjang penguasaan materi anda.
  2. latihan. Seorang yang sudah sering berpidato sekalipun, akan sangat terbantu ketika berlatih menyampaikan topik atau materi pidatonya. Dia akan menemukan bagian mana yang perlu mendapat penekanan, mana yang harus disampaikan dengan suara keras, dan mana yang hanya perlu suara pelan saja.
  3. buat bagan atau kerangka. Berbicara di depan umum itu sebaiknya mudah dimengerti pendengarnya. Dan itu artinya harus runtut. Biasanya perlu ada pembukaan, isi, dan penutup. Klise banget ya? Tapi memang seperti itu. Contohnya, ketika anda hendak menyampaikan pertanyaan di sebuah forum, anda harus membuka dengan memperkenalkan diri, mengajukan pertanyaan, dan kemudian menyampaikan ucapan terima kasih. Standar saja. Supaya tampak berbeda, boleh saja anda membuka dengan cara lain, atau memperkenalkan diri secara kreatif. Boleh alay, asal sesuai dengan kondisi dan khalayaknya.
  4. pastikan penampilan anda rapi dan nyaman. Tentu ini disesuaikan dengan audience anda. Kalau rapat RT ya tidak perlu memakai stelan jas. Yang jelas, pakailah baju yang bersih, rapi dan wangi. Kalau terlanjur salah kostum? Jangan ragu untuk meminta maaf dan menyisipkan sedikit guyonan supaya orang lupa kekeliruan anda.
  5. yakin kalau anda-lah master-nya. Untuk yakin, anda harus tahu kalau materi itu sudah menjadi bagian dari diri anda. Jadi belajar-lah.
  6. berdoa. Sudah tahu maksudnya kan?
Kita ulangi lagi, sepanjang anda menguasai bahan, mau keadaannya seperti apapun anda akan nyaman dan berani berbicara. Kalau anda tahu banyak, waktunya tidak akan cukup. Tapi anda cuman tahu sedikit, percayalah, satu menit itu lama sekali. Semoga anda sekarang sudah menemukan cara supaya tidak takut berbicara di depan umum. Semangat!!!!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mengatasi Rasa Takut Saat Berbicara di Depan Umum"

Post a Comment